Tips Cara Naik Ojek Online Gojek atau Grab Bike Pertama Kali Jakarta Surabaya Denpasar Bandung


Artikel  http://www.bagaimanacaranya.co/tips-tata-cara

Kategori  : Artikle
Tata Cara Naik Ojek Online Gojek atau Grab Bike Untuk Pertama Kali. Jasa Ojek Online seperti Gojek atau Grab Bike saat ini sedang menjadi fenomenal di Indonesia. Ojek Online seperti Gojek dan Grab Bike adalah layanan angkutan umum Roda 2 atau biasa dikenal dengan nama Ojek, namun diramu dengan menggunakan aplikasi khusus di smartphone untuk melakukan ordernya. Gojek dan Grab Bike menjadi fenomenal karena selain lebih mudah bagi pengguna jasa ojek juga secara tarif lebih murah dan lebih wajar dibandingkan dengan ojek biasa. Saat ini Gojek ataupun Grab Bike sudah beroperasi di Jakarta, Tangerang, Depok, Bekasi, Bandung, Surabaya dan Bali.
Walaupun bisa dibilang menawarkan kemudahan, namun terkadang banyak orang awam, terutama yang baru akan pertama kali menggunakan jasa ojek online ini bingung untuk tata cara melakukan order. Untuk itu berikut dibawah ini akan kami informasikan tata cara untuk naik Ojek online Gojek dan Grab Bike tersebut sehingga Anda tidak canggung lagi.

Cara Naik Gojek dan Grab Bike
Download dan Install Applikasi Gojek dan Grab Bike

Seperti telah disampaikan di awal bahwa Gojek dan Grab Bike adalah Ojek Online yang di order atau di pesan melalui applikasi smartphone, untuk itu langkah awal adalah silahkan mendownload dan
kemudian menginstall Applikasi Gojek dan Grab Bike di Smartphone Android ataupun iOS (iPhone, iPad) Anda. Khusus untuk Grab Bike Aplikasinya bernama “GrabTaxi“, dimana di dalam aplikasi GrabTaxi tersebut terdapat fitur layanan Grab Bike.

Untuk pengguna Android download Applikasinya di PlayStore
Untuk pengguna iOS (iPhone atau iPad) dapat download di AppStore
Daftar Dan Aktifkan Akun Gojek dan Grab Bike Anda

Setelah mendownload dan install, langkah selanjutnya adalah melakukan pendaftaran account/akun Gojek dan GrabTaxi Anda. Ikuti prosedur yang ditampilkan dalam aplikasi Gojek dan GrabTaxi tersebut, termasuk kode pengaktifan yang akan dikirim via sms ke nomor handphone Anda. Setelah proses pendaftaran selesai maka Anda sudah dapat menggunakan layanan Gojek dan Grab Bike tersebut.

Note: Khusus untuk pengguna Gojek Anda bisa mendapatkan Free Credit sebesar Rp. 50.000,- dengan memasukkan kode referal dari pengguna aplikasi Gojek lainnya, atau silahkan menggunakan kode referral dari kami yaitu : 544668110 , silahkan memasukan kode referral tersebut pada saat penggunaan pertama kali Aplikasi Gojek Anda dan Anda akan mendapatkan free credit sebesar Rp. 50.000.

Menggunakan Aplikasi Gojek dan Grab Bike Untuk Pertama Kali
Khusus Untuk Gojek terdapat 4 layanan yang dapat digunakan yaitu : Instant Courier (Pengantaran Barang), Transport (Jasa Angkutan), Shopping (Belanja) dan Go Food (Pembelian Makanan Ke Resto yang mempunyai kerjasama dengan Gojek).
Untuk Grab Bike dari Aplikasi GrabTaxi silahkan pilih menu layanan Grab Bike untuk mulai menggunakan layanannya, saat ini Grab Bike hanya khusus untuk Transport atau Jasa Angkutan Orang saja.
Pilih Detail Lokasi dari Penjemputan Anda (Pick Up), usahakan untuk menginformasikan secara detail agar pengemudi Gojek ataupun Grab Bike dapat menemukan Anda dengan mudah. Informasi tambahan seperti Anda memakai warna baju tertentu ataupun identitas unik lainnya (seperti memakai topi) akan sangat membantu.
Pilih lokasi tujuan Anda untuk mengetahui jarak tempuh yang akan dilalui.
Setelah menentukan lokasi penjemputan dan lokasi tujuan Anda, aplikasi Gojek dan Grab Bike akan melakukan kalkulasi atau perhitungan tarif yang harus dibayarkan. Untuk tarif normalnya sendiri Gojek adalah 5 kilometer pertama 25rb, dan setiap kilometer selanjutnya 4rb. Namun terkadang terdapat tarif promo yang jauh lebih murah, seperti Grab Bike yang pernah menerapkan promo Rp. 5000 keseluruh tempat di Jakarta, atau Gojek yang pernah promo Rp. 10.000 jauh dekat. Namun setiap tarif tersebut baik sedang promo atau tidak akan tertera pada saat pemesanan.
Bila Anda telah menyetujui tarifnya, selanjutnya Anda dapat menekan tombol next atau Order. Bila ada pengemudi Gojek atau Grab Bike yang sedang ada di sekitar Anda dan kemudian meresponnya maka nama dan identitas pengemudi tersebut akan muncul di aplikasi Gojek Anda untuk menjemput Anda.
Pengemudi tersebut biasanya akan menelpon atau mengirim sms kepada Anda bila telah berada di dekat area penjemputan. Setelah bertemu pengemudi Gojek atau Grab Bike tersebut Anda dapat menanyakan terlebih dahulu nama dan identitasnya untuk memastikan pengemudi tersebut memang yang ada di aplikasi Gojek ataupun Grab Bike Anda.
Cara Pembayaran Gojek dan Grab Bike

Setelah Anda menggunakan layanan Gojek atau Grab Bike tersebut dan telah sampai di tempat tujuan maka biasanya akan dilakukan proses pembayaran tarifnya. Untuk pengguna Grab Bike pembayaran dilakukan secara tunai atau cash dengan membayar sesuai tarif yang tertera di aplikasi Grab Bike. Sedangkan untuk pengguna Gojek pembayaran dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu tunai dan non tunai atau cashless, pembayaran non tunai ini adalah pengemudi Gojek akan memotong saldo credit Anda dan Anda pun tidak perlu mengeluarkan uang tunai lagi.

 Demikian artikel kami tentang tips bagaimana cara naik gojek, mudah bukan, tidak perlu lagi Anda ngotot tawar menawar harga seperti dengan ojek umumnya, tinggal klal klik saja lewat smartphone Anda. Semoga informasi ini dapat berguna untuk Anda.

Lebih detail untuk informasi tentang Gojek dan Grabtaxi kunjungi berikut :

http://www.go-jek.com/

http://grabtaxi.com/jakarta-indonesia/