Cara membuat Film 3D Animasi tidaklah mudah dan gampang , tapi jangan menyerah untuk
mempelajari sebuah ilmu yang bisa menghasilkan produk yang luar biasa.
Pipeline 3D Animasi sebenarnya adalah sebuah Proses penggabungan dalam membuat sebuah Film animasi dimulai dengan cara sebagai berikut :
- Ide cerita atau dikenal dengan Story Board.
Corat coret gambar sketh dan kemudian kita buat ceritanya , sehingga gambar menjadi hidup karena
ada cerita tersebut.
- Modeling atau membuat Character.
Dari cerita tersebut muncul sebuah tokoh atau character yang harus diperankan.
Di sini kita membuat model , texture , baju sehingga menjadi Character sesuai cerita tersebut.
- Modeling Animasi dan Motion.
Character yang sudah jadi sesuai cerita tersebut kita buatkan gerakan dan motionya.
Di sini istilahnya membuat rigging atau dasar dasar gerakan sebuah character.
Cara tercepat kita gunakan Library Motion dan Tool Motion Editor.
Untuk membuat gerakan lebih atraktif dengan kesulitan yang tinggi kita bisa menggunakan
software motion capture.
Contoh :
- Building lengkap dengan perabotnya
- Landscape lengkap dengan gunung, pohon, sungai dan lain lainnya.
- Setting di dalam ruang ( di dalam sebuah rumah )
- Setting di luar ruang ( di lapangan ada awan, rumput dan binatang)
- Dan lain lain.
- Langkah terakhir adalah menggabungkan semua element 3D model , Motion , background dalam
sebuah software yang dilengkapi dengan Tata Cahaya , Camera , Effect dan lainnya.
- Akhir Kata ....... Render Film sudah Tahap Akhir ( Pra Editing )
- Edit lagi , Edit lagi ........ Dubing Suara ....... Musik
- Jadi ...... deh Film Kita .
Visit Komunitas Animasi dan Desain Grafis Indonesia.
Visit Komunitas Virtual Reality 360 Foto dan Video.
Visit ke Komunitas Blender di Surabaya.
mempelajari sebuah ilmu yang bisa menghasilkan produk yang luar biasa.
Pipeline 3D Animasi sebenarnya adalah sebuah Proses penggabungan dalam membuat sebuah Film animasi dimulai dengan cara sebagai berikut :
- Ide cerita atau dikenal dengan Story Board.
Corat coret gambar sketh dan kemudian kita buat ceritanya , sehingga gambar menjadi hidup karena
ada cerita tersebut.
- Modeling atau membuat Character.
Dari cerita tersebut muncul sebuah tokoh atau character yang harus diperankan.
Di sini kita membuat model , texture , baju sehingga menjadi Character sesuai cerita tersebut.
- Modeling Animasi dan Motion.
Character yang sudah jadi sesuai cerita tersebut kita buatkan gerakan dan motionya.
Di sini istilahnya membuat rigging atau dasar dasar gerakan sebuah character.
Cara tercepat kita gunakan Library Motion dan Tool Motion Editor.
Untuk membuat gerakan lebih atraktif dengan kesulitan yang tinggi kita bisa menggunakan
software motion capture.
- Selanjutnya kita membuat kelengkapan Environment atau background film tersebut.
Environment kita buat sesuai dengan Tema dan Genre Film 3D Animasi tersebut.Contoh :
- Building lengkap dengan perabotnya
- Landscape lengkap dengan gunung, pohon, sungai dan lain lainnya.
- Setting di dalam ruang ( di dalam sebuah rumah )
- Setting di luar ruang ( di lapangan ada awan, rumput dan binatang)
- Dan lain lain.
- Langkah terakhir adalah menggabungkan semua element 3D model , Motion , background dalam
sebuah software yang dilengkapi dengan Tata Cahaya , Camera , Effect dan lainnya.
- Akhir Kata ....... Render Film sudah Tahap Akhir ( Pra Editing )
- Edit lagi , Edit lagi ........ Dubing Suara ....... Musik
- Jadi ...... deh Film Kita .
Visit Komunitas Animasi dan Desain Grafis Indonesia.
Visit Komunitas Virtual Reality 360 Foto dan Video.
Visit ke Komunitas Blender di Surabaya.