Software HR Terbaik untuk Perusahaan Anda


Apakah kamu berpengalaman menjadi karyawan Human Resources atau kata yang lebih umum adalah bagian Sumber daya manusia dari sebuah perusahaan? Kalo iya, pasti kamu pernah terjebak mitos bahwa tugas dari seorang HRD hanya melulu tentang pekerjaan administrasi, seperti pencatatan ataupun penyimpanan data. Nah dijaman dulu orang melakukan sesuatu serba manual artinya hanya dikerjakan oleh manusia dan mesin ketik, pekerjaan HRD lumayan berat.


Bayangkan beratus ratus kertas harus menunggu validasi dan antrian kepada supervisor. Belum lagi kalau ada kertas tercecer. Nah dengan teknologi software HRmaka masa-masa itu tidak perlu dilewati lagi. Apalagi kalau perusahaan kamu memakai LinovHR Apa perbedaannya? Mari kita bandingkan.

Dokumen Yang dipersiapkan
Sistem manual mengharuskan para karyawan untuk menyiapkan dokumen laporan data karyawan. Data tersebut memuat jabatan serta pekerjaan apa yang dia lakukan di perusahaan tersebut. Lalu dokumen-dokumen itu akan berpindah dari supervisor satu ke yang lain untuk divalidasi, sampai pada supervisor tertinggi bidang keuangan yang menyatakan bahwa dana diizinkan untuk ditransfer. 

Sedangkan pada sistem Software HR, data karyawan sudah dikelola oleh sistem sehingga para karyawan HR hanya memasukkan jumlah gaji serta memvalidasi basic data yang ada. Lalu dokumen tidak perlu berpindah karena login software dibedakan menurut level jabatan yang berbeda sehingga tampilan dan validasinya pun tidak sama. 

Potongan Pajak dan Tunjangan Lain

Kalau potongan pajak dilakukan manual, maka karyawan perlu memasukkannya ke file excel terlebih dahulu, dihitung berapa jumlah pajak setiap karyawan selanjutnya baru melakukan validasi pembayaran. Kalau pada sistem Software HR, rumus pemotongan pajak Pph 21 dan semua pajak penghasilan sudah diformulasikan. Jadi katakan selamat tinggal pada perhitungan manual. Manfaat lain yaitu terhindar dari sanksi pajak karena setiap perusahaan harus tunduk pada aturan perpajakan. 

Keamanan Terjamin

Keamanan pada dokumen manual tidak sepenuhnya terjamin, bisa saja hancur karena kebakaran atau bencana alam lainnya. Belum lagi jika terkena resiko kehilangan karena dokumen tercecer. Bisa juga terjadi pencurian data oleh pihak lain jika dokumen manual tercecer. Nah berbeda jika anda menyimpan semua data pada LinovHRkarena semua data tersimpan rapi pada server sehingga tidak perlu khawatir. 

Tapi apakah aman disimpan secara digital? Tentu saja karena kapasitas server yang besar juga sebanding dengan keamanannya. Server dilindungi dengan anti virus yang canggih sehingga data tidak akan tercuri ataupun terjangkit virus. 


Kesimpulan yang bisa didapat lebih pada kata: cepatlah pilih Software HR karena fungsinya tidak diragukan lagi. Apalagi keamanan keuangan perusahaan akan semakin terjaga dengan baik karena pasti setiap transaksi akan mendapatkan laporan dan rekap dengan baik beserta validasinya.